Kapolri Cek Arus Mudik H – 2 ,Lebaran di Bakau heni.

67 views

*Kapolri Cek Arus Mudik H-2 Lebaran di Pelabuhan Bakauheni*

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kondisi arus mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Kamis (20/04/23)

Kedatangan rombongan, langsung disambut oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika dan Wakapolda Lampung Brigjen Pol Umar Effendi serta pejabat utama Polda Lampung.

Kemudian, Kapolri bersama Menhub RI dan Panglima TNI menuju di Pos Terpadu Bakauheni Ops Ketupat 2023 untuk mendengar paparan kesiapan pengamanan Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 oleh Polda Lampung dan Jajaran.

Usai pemaparan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, kedatangannya bersama Menhub dan Panglima TNI melaksanakan pemantauan secara langsung khususnya terkait dengan pelayanan penyeberangan dari wilayah Banten ke Lampung.

Kapolri bersama rombongan meninjau dari Pelabuhan Merak,  Pelabuhan Ciwandan, menuju Bakauheni, dan Panjang.

“Dari laporan, tadi malam hingga hari ini terjadi peningkatan pemudik yang menyeberang,” katanya.

Ia menjelaskan menurut data jumlah penumpang yang melakukan penyeberangan mulai Rabu (19/4) malam hingga Kamis pagi merupakan jumlah tertinggi.

“Di mana jumlah penyeberangan ada sekitar 165 ribu, lebih tinggi ketimbang tahun lalu yang hanya 155 ribu,” katanya.

Kapolri mengatakan kemungkinan pada hari ini masih ada lonjakan penumpang yang menyeberang. Kemudian Kapolri mengapresiasi para petugas karena dengan adanya rekayasa lalu lintas yang dibagi menjadi tiga dermaga, yakni Ciwandan, Merak dan BBJ tingkat kemacetan bisa terkendali.

“Kita lihat dengan adanya rekayasa lalu lintas tidak ada lagi kemacetan di wilayah atas, tentunya ini suatu pembenahan dari evaluasi yang telah kita lakukan,” ujarnya.

BACA JUGA :  Tiga Kasus Menonjol Catatan akhir Tahun Polda Lampung,Kami Belum Sempurna.

Dia mengapresiasi bahwa di wilayah Lampung sampai saat ini belum ada laporan terkait peristiwa tindak pidana, seperti gangguan kamtibmas.

“Tadi kita sudah cek, tidak ada laporan peristiwa pidana. Untuk mengantisipasi keamanan pemudik agar terhindar dari gangguan kambtibmas ke wilayah tertentu yang dianggap rawan bajing loncat dan penodongan kita lakukan penjagaan ketat,” katanya.

Harapan kapolri antisipasi saat arus balik lebaran 2023, agar seluruh anggota polri harus mampu memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, baik saat arus mudik, maupun saat arus balik mudik lebaran tahun 2023 sehingga tercapai mudik aman dan berkesan,” tutupnya

KABIDHUMAS POLDA LAMPUNG.

google.com, pub-4028159191961500, DIRECT, f08c47fec0942fa0