Pemkah Pringsewu Gelar Upacara Hardiknas & Orda ke -27.

82 views

*Pemkab Pringsewu Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2023 & Hari Otda Ke-27*

PRINGSEWU : Hari Pendidikan Nasional 2023 dan Hari Otonomi Daerah ke-27 diperingati dalam suatu upacara di lapangan Pemkab Pringsewu, Selasa (02/05/23), dengan pembina upacara Pj.Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, dihadiri jajaran pemerintah daerah, DPRD dan forkopimda serta jajaran pendidikan di Kabupaten Pringsewu.

Menyampaikan amanat tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, Pj.Bupati Pringsewu mengatakan selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. “Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” katanya.

Dikatakan, anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. “Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan,” ujarnya.

Terkait peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27, yang mengusung tema ‘Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul’, tema ini sesuai dengan tujuan dilaksanakannya Otonomi Daerah yaitu mendesentralisasikan sebagian kewenangan pemerintah pusat kepada daerah, sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan PAD serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan.

Diungkapkan Adi Erlansyah, Kabupaten Pringsewu telah melaksanakan Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), yang merupakan tindak lanjut atas arahan Presiden RI terkait pengendalian inflasi 2023 dan dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah guna menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat, dan mendukung kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian di daerah.

BACA JUGA :  Cegah Aksi Kriminalitas Polresta Bandar Lampung Intensifkan Patroli Jalan kaki

Untuk itu, pada momentum peringatan Hari Otonomi Daerah, Pj.Bupati Pringsewu mengajak bersama-sama terus berupaya mengembangkan potensi diri, berinovasi dan bersinergi, dengan mendukung program-program pembangunan yang telah disusun di berbagai bidang, baik program daerah maupun pusat. “Sebagaimana amanat Gubernur Lampung pada peringatan Hari Otonomi Daerah Provinsi Lampung, yakni SDM yang berintegritas, profesional, kompeten dan dapat bekerjasama secara kolaboratif adalah kunci utama tercapainya tujuan mulia otonomi daerah,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Pj.Bupati Pringsewu didampingi Sekretaris Daerah, Ketua TP-PKK dan DWP serta forkopimda juga menyerahkan secara simbolis bantuan alat pembelajaran, tali asih kepada para pensiunan guru, serta pengundian 5 hadiah umrah dari Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Jejama Secancanan. Kegiatan diakhiri dengan halalbilhalal Pj.Bupati Pringsewu dengan seluruh ASN di lingkungan Pemkab Pringsewu. (*/ Isnanto Hapsara, S.Kom.)

google.com, pub-4028159191961500, DIRECT, f08c47fec0942fa0