Kabupaten Tanggamus Ikuti Sosialisasi Penerapan Sistem Prmerintah Berbasis Elektronik.

68 views

Kabupaten Tanggamus Ikuti Sosialisasi Penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik

Tanggamus–Dinas Kominfo Kabupaten Tanggamus yang di Pimpin oleh Plt Suhartono, S. Si, M. Kes mengikuti kegiatan Sosialisasi Arsitektur dan Peta Rencana SPBE Pemerintah Kabupaten Tanggamus Tahun 2023 yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus Drs. Hamid H. Lubis. MSi, Para Asisten Kabupaten Tanggamus, Staf ahli, Para KOPD Kabupaten Tanggamus dan Naraasumber Dr. Ir. Syopiansyah jaya putra, M. Sis, IPU, ASEAN. Eng.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Sekretariat Kabupaten Tanggamus Senin (10/07/23).

Kegiatan ini bertujuan untuk Revolusi Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Tanggamus melalui Rencana penerapan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).

SPBE sendiri merupakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE. hal ini seperti tertuang pada Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

SPBE ditujukan untuk untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) memberi peluang untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel, meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam melaksanakan urusan dan tugas pemerintahan untuk mencapai tujuan bersama, meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan publik kepada masyarakat luas, dan menekan tingkat penyalahgunaan kewenangan dalam bentuk kolusi, korupsi, dan nepotisme melalui penerapan sistem pengawasan dan pengaduan masyarakat berbasis elektronik.

Sekda Kabupaten Tanggamus Drs. Hamid Heriansyah lubis, M. Si “Berpesan dalam pengisian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan formula 4 8 47 yaitu 4 domain, 8 Aspek dan 47 Indikator Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).
Sekda berharap semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat melaksanakan program Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sehingga program SPBE dapat berjalan dengan baik.

BACA JUGA :  Satu unit motor terbakar Di SPBU Antasari Lampung

Kabupaten Tanggamus dalam hal ini sudah melaksanakan sebagian sistem pemerintah berbasis elektronik, ada beberpa OPD yang sudah menggunakan aplikasi untuk pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Tanggamus.(Arman)

google.com, pub-4028159191961500, DIRECT, f08c47fec0942fa0