Polres Tanggamus Ikuti Tiga upacara Peringatan dan Pembagian 10 Juta Bendera Merah putih

76 views

Polres Tanggamus Ikuti Upacara Tiga Peringatan dan Pembagian 10 Juta Bendera

Tanggamus – Pemerintah Kabupaten Tanggamus menggelar upacara Hari Kelautan Nasional, Hari Koperasi dan Hari Anak Nasional yang digelar pada hari yang sama di lapangan Pemkab setempat, Senin 17 Juli 2023.

Dalam rangkaian itu, Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra, S.I.K diwakili Wakapolres Kompol Agung Ferdika, S.H., M.H hadir bersama Forkopimda dengan memboyong satu peleton personelnya sebagai peserta upacara.

Upacara itu sendiri dipimpin Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, S.E., M.M dan walaupun dalam kondisi yang kurang fit, Bupati tampak hingga akhir membacakan amanat dan menyelesaikan kegiatan lainnya.

Usai upacara, Bupati, Wakapolres bersama Forkopimda juga menyerahkan Bendera Merah Putih dalam gerakan pemerintah yakni pembagian 10 juta Bendera kepada masyarakat dalam menyambut HUT RI Tahun 2023 diserahkan secara simbolis ke perwakilan Kadis dan Camat.

Kasi Humas Polres Tanggamus, Iptu M. Yusuf, S.H mengungkapkan, pihaknya menerjunkan 57 personel dalam pelaksanaan upacara yang digelar oleh Pemkab Tanggamus tersebut.

“Untuk personel yang dilibatkan dalam pelaksaan upacara tersebut sebanyak 57 orang, merupakan gabungan Polres dan Polsek,” ungkap Iptu M. Yusuf mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra.

Disinggung adanya program pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih, Kasi Humas menyebut, pihaknya mendukung langkah pemerintah dengan melakukan kegiatan serupa.

“Tentunya apa yang dilaksanakan pemerintah, kami akan terus mendukung. Dan terkait program 1 juta bendera, kami juga akan libatkan Bhabinkamtibmas dalam pelaksanaannya,” tandasnya.

Sementara itu, mewakili Bupati, Sekda Hamid Heriansyah Lubis mengatakan pihaknya melaksanakan instruksi pemerintah pusat, dengan maksud agar masyarakat terus berupaya menumbuhkembangkan rasa Nasionalisme, rasa kebangsaan, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

BACA JUGA :  Yayasan Baitul Mal PLN salurkan Bantuan Ratusan Paket Sembako

“Penyerahan saat ini bersifat simbolis, kepada Camat di 20 kecamatan di Kabupaten Tanggamus nanti, ya artinya bagaimana pemerintah menunjukkan kepada masyarakat benderah merah putih merupakan simbol bernegara, tetap menghargai simbol negara dan itu harus ditumbuh kembangkan juga regenerasi di generasi muda kita saat ini,” kata Sekda Hamid

Sekda menyebut, apa yang dilakukan pemerintah daerah saat ini tuh didistribusikan bendera ini secara nasional pembagian 10 juta bendera dengan dibagi sesuai dengan jumlah Kabupaten/Kota.

“Mudah mudahan tradisi ini dapat berlanjut setiap tahunnya sebagai bentuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa bendera merah putih adalah Indonesia. Kita adalah Indonesia dan rasa persatuan harus kita pupuk dan tidak pernah berhenti untuk memotivasi itu kepada masyarakat,” ucapnya.

Ditambahkannya, untuk penerina Bendera Merah Putih itu adalah dari semua kalangan, yang secara simbolis ada perwakilan dinas, kemudian teman teman camat mewakili kecamatan di Kabupaten Tanggamus.

“Kedepan dalam beberapa kegiatan ibu bupati juga dalam beberapa hari ke depan sampai dengan hari kemerdekaan kita tanggal 17 Agustus 2023 akan menyampaikan secara simbolis pada kegiatannya,” imbuhnya.

Sekda berharap, melalui kegiatan itu, masyarakat dan kita semua memiliki kesadaran yang tinggi Bahwa pengibaran bendera khususnya Hari Uang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang merupakan kewajiban.

“Pada akhirnya diharapkan dapat membangkitkan kembali semangat Patriotisme, semangat Nasionalisme dan semangat rasa kesatuan cinta kita kepada tahah air Indonesia,” tandasnya.(Arman)

google.com, pub-4028159191961500, DIRECT, f08c47fec0942fa0