Kepala KUA kemenag Kecamatan Rajabasa Menerima Audiensi MWC NU

151 views

Kepala KUA Kemenag Kecamatan Rajabasa Menerima Audiensi MWC NU Rajabasa

Korel.co.id, Bandar Lampung — Kepala Kantor Urusan (KUA) Kemenag Rajabasa Kota Bandar Lampung, Bapak Hasbuna, M.Ag. menerima audiensi Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Rajabasa di Jl. Kantor Urusan Agama Rajabasa beralamat di Jalan Bhayangkara Gang Kutilang Nomor 045 RT.03 Lingkungan I Kelurahan Rajabasa Raya, Bandar Lampung, Senin (24/07/2023).

Audiensi tersebut dihadiri tanfiziah MWCNU Rajabasa, yaitu Ketua Ustad Feri Fadlan, Wakil Ketua Dr. Fitriadi, Sekretaris Novis,S.Pd. dan Bendahara Kamalul Mustafa.

Hal tersebut diatur dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembentukan 342 Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tanggal 18 Februari 2004.

Visi dan Misi

Adapun Visi dari KUA Rajabasa yaitu

Terwujudnya Masyarakat Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung
yang Taat beragama, Rukun, Cerdas, Mandiri dan Sejahtera Lahir batin.

MISI

a. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Nikah/Rujuk.

b. Meningkatkan kualitas Pelayanan Bimbingan dan Pembinaan Keluarga Sakinah.

c. Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan Pembinaan Perwakafan.

d. Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan pembinaan Sarana Ibadah Sosial.

e. Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan Pembinaan Kemitraan Umat.

f. Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan Pembinaan Produk Halal.

g. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bimbingan Manasik Haji.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 PMA (Peraturan Menteri Agama) Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2016, KUA Rajabasa Kota Bandar Lampung menyelenggarakan fungsi:

a. pelaksanaan pelayanan, pengawasan, pencatatan, pelaporan nikah dan rujuk.

b. penyusunan statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam.

c. pengelolaan dokumentasi dan sistem informasi manajemen KUA.

d. pelayanan bimbingan keluarga sakinah.

e. pelayanan bimbingan kemasjidan.

f. pelayanan bimbingan hisab rukyat dan pembinaan syariah.

g. pelayanan bimbingan dan penerangan agama Islam.

BACA JUGA :  Ketua DPC laskar kota Bandar Lampung Meminta Walikota Mencopot Lurah Gulak Galik

h. pelayanan bimbingan zakat dan wakaf.

l. pelaksanaan ketatausahaan dan kerumahtanggaan KUA Kecamatan Rajabasa.

Fasilitas

Fasilitas yang dimiliki KUA Rajabasa

1. Plang nama KUA.

2. Ruang Kepala KUA.

3. Ruang Balai Nikah.

4. Ruang Pegawai KUA.

5. Kamar Mandi.

6. Musala.

MWC NU Rajabasa melakukan silaturahmi kepada stake holder yang ada di kecamatan Rajabasa, untuk bersinergi dengan Pihak swasta dan pemerintah.

Sudah ada beberapa yang kami sampaikan surat untuk audiensi dan MoU diantaranya Pemerintahan Kecamatan Rajabasa belum menerima kami, padahal sudah beberapa bulan lalu melayangkan surat dari MWC NU Rajabasa kepada Pemerintah Kecamatan Rajabasa.

Kesempatan pertama Kepala KUA Kemenag Rajabasa yang menerima kami untuk audiensi dan MOU.

Silaturahmi dan sinergi ini berfungsi untuk saling bahu membahu dan bergotong royong dengan bermitra menciptakan di lingkungan masyarakat Kecamatan Rajabasa dapat terciptanya masyarakat yang Agamis, memahami ilmu pendidikan agama Islam dengan bingkai Ahlussunnah Wal Jama’ah.

Tanpa adanya sinergi dan kolaborasi sulit untuk terciptanya suatu masyarakat yang tertib, rukun, madani, Islam Rahmatan Lil Alamin sampai ditengah-tengah masyarakat.

MOU MWC NU Rajabasa dengan KUA Kemenag Rajabasa Kota Bandar Lampung bahwasannya,
“MWC NU Rajabasa ada program rutin dan ada program gebyar.

Program rutin setiap satu bulan sekali mengadakan Safarii Lailatul Ijtima ke ranting-ranting yang ada di Kecamatan Rajabasa.

Kajian Kitab insya alloh rutin di Minggu ke tiga mulai bulan Agustus di Masjid Islamic Center atau Masjid Nurul Huda dengan pembicara Kyai Yahya, S.Ag.

Program gebyar MWC NU Rajabasa, akan mengadakan Rajabasa Bersholawat di Islamic Center dengan target Ribuan massa di tanggal 27 September bertepatan Isra’ Mi’raj.

BACA JUGA : 

Saling sinergi sesuai dengan visi KUA Kemenag Kecamatan Rajabasa Terwujudnya Masyarakat Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung
yang Taat beragama, Rukun, Cerdas, Mandiri dan Sejahtera Lahir batin.

Selain program rutin dan gebyar. MWC NU Rajabasa bergerak dibidang sosial yaitu kegiatan Berbagi kepada warga masyarakat kaum dhuafa yang diperoleh dari zakat harta dan sedekah para donatur atau pengurus MWC NU Rajabasa.

MWC NU Rajabasa menerima Kotak Infak (KOIN) NU Infak, sedekah untuk pembangunan komplek MWC NU Rajabasa (sekolah,sekretariat, klinik dan pondok pesantren).

MWC NU Rajabasa menerima dan menyalurkan zakat harta dari muzakki kepada mustahik melalui LAZISNU kecamatan Rajabasa.

Sebelumnya MWC NU Rajabasa belum menunjukkan eksistensinya namun dengan semangat kebersamaan pemuda-pemudi, pengurus MWC NU Rajabasa, stake holder baik pemerintah maupun pihak swasta untuk menciptakan masyarakat yang rukun, agamis, sejahtera, tertib dengan semua pihak bergotong royong, maka insya alloh, Alloh akan menurunkan Rahmatan lil Alamin dengan bersama-sama melakukan kebaikan, “ucap Fitriadi.

Tidak kita siapa lagi kalau tidak sekarang kapan lagi untuk bersama-sama mengajak semua lini masyarakat menuntut ilmu agama, dan bersama-sama mengajak kebaikan, “tutur Ustadz Feri Fadlan.

Jangan tanyakan apa yang sudah negara berikan kepada kita tapi apa yang sudah kita bisa perbuat untuk negara, agama dan bangsa ini (John F.Kenedy).

Pewarta Eka

google.com, pub-4028159191961500, DIRECT, f08c47fec0942fa0