Kepala Desa seharusnya Jangan Alergi sama Wartawan

95 views

Lampung Selatan News Analise. Come. Pemerintahan Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang seperti Alergi Wartawan, Ada Apa…
Lampung
Pemerintahan Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang seperti Alergi Wartawan, Ada Apa

Tanjung Bintang Lampung selatan Newsanalis .com –
Kepala desa merupakan pimpinan tinggi di desa yang menjalankan roda pemerintahan bersama sama dengan rakyatnya membangun dan menciptakan masyarakatnya sejahtera, adil dan makmur serta ikut mendukung program pemerintah pusat yang telah di canangkan.

Tetapi lain dengan Kepala Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan provinsi Lampung, diduga alergi wartawan selaku media yang ikut serta meningkatkan disiplin serta pembangunan. Kamis (10/08/2023)

Wartawan juga selaku yang menyampaikan informasi perkembangan pembangunan serta sebagai sosial kontrol yang bersifat indenpendent turut membangun terciptanya stabilitas dalam informasi.

Ketika wartawan ingin konfirmasi terkait kegiatan program pembangunan maupun pemberdayaan sumber daya menusia dan ketahanan pangan menuju pemulihan ekonomi nasional di Desa Sabah Balau yang di anggarakan dari Dana Desa, Sekretaris desa selaku Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa (PPKD) mengatakan lebih baik bicara langsung sama kepala desa.

Sudah berapa kali saja awak media berkunjung ke kantor Desa Sabah Balau tetapi tidak bertemu dengan kepala Desa dan sudah berapa kali saja dan mengisi Buku tamu bahkan sudah kita pesan kepada erpan ( sekdes) Kapan bisa dijadwalkan bertemu dengan pak pujianto kades, bahkan menurut sekdes sudah di sampaikan kepada kepala desa.

Tetapi sampai detik ini dan awak media berkunjung kembali ke kantor desa tidak pernah bertemu bahkan mirisnya ketika awak media tanya kepada salah satu yang ada di kantor desa awalnya dia mengatakan tukang parkir setelah awak media tanya lagi baru orang tersebut mengaku aparat pemerintah desa sebagai KAUR Perencanaan di desa sabah balau.

BACA JUGA :  Masjid As salam lakukan sholat Idul adha 1444.H , dan pemotongan Hewan kurban 3 ekor sapi dan 20 ekor Kambing

Disini menyimpulkan ada apa di pemerintahan Desa Sabah Balau dari aparatur pemerintah Desanya sampai ke Kepala Desanya seperti alergi wartawan.

Mengapa sikap kepala desa Sabah Balau dan aparatnya alergi wartawan? Seharusnya sebagai pejabat pemerintah selaku peyananan publik bukan alergi wartawan.

Seharusnya pemerintahan Desa Sabah Balau bersikap terbuka dan penuh rasa tanggung jawab , dan jika itu dilakukan maka dianggap menentang Undang – Undang No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik sebab wartawan butuh informasi untuk menjadikan berita layak di tayangkan dan berimbang.

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupak bagian penting bagi ketahanan nasional, hak informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokrasi yang menyunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

Keterbukaan informasi publik sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik lainnya, segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan masyarakat informasi (Red/team).

google.com, pub-4028159191961500, DIRECT, f08c47fec0942fa0