Petani Tebu Ganjar Galang Dana dan Bantu Korban Kebakaran di Lampung Tengah

64 views

Lampung Tengah – Relawan Petani Tebu Bersatu (Petebu) kembali melanjutkan aksi sosial kepada masyarakat. Rabu (6/9), giliran Petebu wilayah Lampung yang menunjukkan komitmennya untuk bisa bermanfaat kepada masyarakat.

Relawan yang beranggotakan para petani tebu pendukung Ganjar Pranowo ini, melakukan penggalangan dana untuk membantu korban kebakaran di Desa Kecubung, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung.

Koordinator Wilayah Petebu Lampung, Budi F Baladewa mengatakan korban kebakaran tersebut juga merupakan seorang petani tebu. Sehingga aksi ini menjadi bentuk kepedulian sesama petani tebu.

“Salah satu petani tebu kami mendapatkan musibah, rumahnya terbakar. Mau tidak mau kami sebagai rekan sesama petani tebu, kita menciptakan kepedulian,” kata Budi.

Dalam menggalang dana, Budi mengatakan para relawan menggandeng musisi jalanan untuk menghibur masyarakat yang ingin turut serta menyumbang dana untuk diberikan pada korban kebakaran.

“Bisa dilihat oleh masyarakat, inilah kepedulian kami sebagai relawan Petebu. Adapun hasilnya pengumpulan dana di jalanan, itu akan kami serahkan, bahkan akan kami tambahkan dari relawan Petebu,” ujarnya.

Selain menyerahkan bantuan tunai dari hasil penggalangan dana, relawan Petebu juga turut memberikan berbagai peralatan rumah tangga kepada penerima manfaat.

Lewat bantuan tersebut, diharapkan bisa meringankan beban para penyintas, dan memenuhi kebutuhan mereka untuk beberapa waktu ke depan.

Kegiatan pemberian bantuan kepada korban bencana ini merupakan bentuk tanggung jawab relawan dalam menjalin rasa kemanusiaan. Sekaligus juga ajang silaturahmi bagi para petani tebu dari berbagai daerah di Lampung Tengah.

Lebih dari 100 petani tebu turut serta dalam aksi sosial tersebut.

“Ini terinspirasi dari bapak Petebu kami, Bapak Ganjar Pranowo. Beliau itu seorang dermawan, dan juga dia selalu melihat sesuatu untuk masyarakat bawah agar selalu terbantu,” tuturnya.

BACA JUGA : 

*Harap Jadi Contoh Masyarakat Luas*

Lebih lanjut, Budi berharap agar kegiatan tersebut bisa memotivasi masyarakat luas agar aktif dalam berbagai kegiatan sosial untuk membantu para korban bencana.

“Ini salah satu contoh untuk masyarakat lain, semoga kami bisa bersatu. Apa yang menjadi satu acuan yang disampaikan Bapak Ganjar Pranowo, itu bisa kita buktikan di bawah, terutama tentang aksi sosial,” sebut Budi.

Kegiatan kemanusiaan ini pun mendapat respon dan dukungan baik dari para penerima manfaat. Salah satunya Teguh Suprayitno, penyintas kebakaran di Desa Kecubung.

“Banyak terima kasih kepada kelompok Petebu ini, supaya bantuannya nanti bermanfaat untuk saya sekeluarga,” kata Teguh. (*)

google.com, pub-4028159191961500, DIRECT, f08c47fec0942fa0