PilkakamTiuh Tohou Menggala Diduga Panitia CurangRicuh

1,327 views

Pilkakam Tiuh Tohou Menggala Ricuh Diduga Panitia Curang Surat suara Rusak 429 dan 9 Hilang

Tulang Bawang,(Newsanalis)

Rabu,(20/9/2023)
Dalam pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) serentak, Kampung Tiuh Tohou, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung masih belum ada yang unggul karna akan di adakan hitung ulang di kecamatan.
Dikarenakan terjadi kesalahan dari pihak panitia pemilihan kampung maka pihak kecamatan mengambil alih semua surat suara untuk di buka kembali surat suara yang tidak sah tersebut.
Di kantor kecamatan menggala yang saat itu juga hadir di TKP Waka Polres Tuba,Kasat intelkam dan Kabag Ops.setiba di kantor kecamatan dengan di pandu oleh Kabag TAPEM (Fandi) saksi dari pihak calon 1 dan 2 setuju untuk di buka dan di cek kembali Sura yang rusak tersebut (429) akan tetapi pihak saksi calon no 3 tidak setuju dan tidak mau menanda tangani surat pernyataan. Sedangkan saksi dari pihak calon 1 dan 2 sudah menanda tangani maka timbullah Dead Lock.maka persoalan tersebut akan di ambil alih oleh pihak kabupaten.

Pilkakam serentak tahun 2023 di Kabupaten Tulang Bawang, dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 20 September 2023 yang berlangsung di 67 TPS yang berada di 67 Kampung dan tersebar pada 14 Kecamatan, wilayah kabupaten setempat.

Pelaksanaan
Pilkakam Tiuh Tohou tersebut dikuti sebanyak 3 calon Kepala Kampung yaitu, Antori No urut 1, Lidia Renita Medya No urut 2 dan Abdurohim No urut 3.jumlah DPT 1.796 yang hadir nyoblos 1.486 yang rusak 429.surat suara yang hilang 9.

Hasil pantauan awak media di lapangan pada pelaksanaan dan
pemungutan suara yang dilakukan untuk menentukan Kepala Kampung Tiuh Tohou untuk periode 2023-2029 tersebut dilaksanakan di Balai Kampung setempat.
Untuk diketahui masing masing perolehan suara calon Kepala Kampung pada Pilkakam Tiuh Tohou tersebut, masih dalam tahapan penghitungan ulang lagi karna hasil sementara belum bisa di sahkan.

BACA JUGA :  Direktorat Reserse Narkoba Polda Lampung Ungkap Kasus Narkoba 38.19 Kg

Usai Pilkakam, Ketika Dikonfirmasi oleh awak media panitia ada kejanggalan di dalam surat suara yang hilang 9 lembar surat suara menurut informasi yang kami dapat surat suara 9 tersebut ada di dalam tas panitia.kemudian surat suara yang rusak 429 suara.dan ada juga surat suara yang sebagian tidak di cap dan di tanda tangan.ini jelas sangat merugikan salah satu pihak calon.inilah salah satu dasar untuk calon nomor 2 tidak terima dan minta di cek lagi kerusakan dan kehilangan surat suara.(Team/Oji)