Unila Peringkat ke -16 Besar University’s Terbaik di Indonesia

71 views

Unila): Universitas Lampung (Unila) kembali meraih pencapaian besar dalam pemeringkatan kelas dunia. Kali ini, Unila masuk dalam peringkat 1.500 dari 1.904 perguruan tinggi di 108 negara versi Times Higher Education’s (THE) World University Rankings (WUR) 2024.

Secara nasional, terdapat 24 universitas di Indonesia yang masuk pada pemeringkatan ini. Unila berada pada peringkat ke-16 Universitas Terbaik se-Indonesia dan Tiga Besar Universitas Terbaik se-Sumatra bersama Universitas Syiah Kuala (USK) dan Universitas Andalas (Unand).

THE WUR 2024 merupakan pemeringkatan perguruan tinggi terkemuka di dunia yang dilakukan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi, THE, dari Inggris.

Dalam pemeringkatan ini terdapat 18 indikator kinerja yang dikalibrasi dengan cermat untuk mengukur kinerja lembaga di lima bidang, meliputi pengajaran, lingkungan penelitian, kualitas penelitian, industri, dan pandangan internasional. Hasil ini menjadi bagian dari langkah konkret Unila mewujudkan internasionalisasi dan world class university.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan TIK Unila Dr. Ayi Ahadiat, S.E., MBA., mengungkapkan, Unila dibawah kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., akan memperkuat program prioritas BE STRONG untuk memastikan seluruh unit kerja, fakultas, lembaga, dan UPT dapat bersinergi dalam rangka meningkatkan peringkat THE WUR ini.

Selain itu akan dilakukan cascading atau membagi habis tugas yang dapat dilakukan terkait dengan penekanan kekhususan fakultas.

Selanjutnya, dilakukan juga penekanan pada peningkatan produktivitas output tridarma perguruan tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dengan staf dari internasional, penelitian kolaboratif baik dalam negeri maupun internasional, serta penguatan pengabdian dalam negeri dan pengabdian lintas negara, khususnya KKN.

“Mudah-mudahan kita dapat menyatukan pandangan untuk dapat mencapai Unila BE STRONG. Unila dengan Time Higher Education’s World University Ranking yang lebih baik dari waktu ke waktu, insyaallah,” ujar Dr. Ayi. (**Oji)

BACA JUGA :  Unila Hasilkan 2 Doktor program Study MIPA
google.com, pub-4028159191961500, DIRECT, f08c47fec0942fa0