Masuk Tahapan Pelimpahan Berkas Perkara(P21) dari Polda Lampung ke Kejati

113 views

Tinggal menghitung hari 2 Hari kedepan atau Sebentar lagi akan dilaksanakan pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT), yaitu pada 4 Nopember 2023 bagi anggota DPR, anggota DPRD Provinsi, dan anggota DPRD Kabupaten/Kota sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 10 Tahun 2023.

Harap cemas melanda salah satu calon legislatif (caleg) DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil Lampung I, Hi. Darussalam, SH., yang menjadi tersangka atas kasus hukum pidana. Saat ini sudah memasuki proses penyidikan, yaitu pelimpahan berkas perkara (P21) dari Polda Lampung ke Kejati Lampung.

“Ya benar, saat ini berkas perkara sudah lengkap atau P21,” terang Kabidhumas Polda Lampung, kombes Pol Umi Fadhila Astutik kepada Awak Media pada Rabu, 1 Nopember 2023 yang yang dilansir Dan dikutip Dari harian Bongkar Post group.

Diberitakan sebelumnya, terlapor (Hi. Darussalam, red) dilaporkan berdasarkan Laporan Polisi pada 23 Nopember 2020 oleh pelapor inisial SPR dengan No: LP /B 1950/XII/2020/LPG/SPKT.

Umi Fadhila Astutik menambahkan,” Saat ini yang kami berlakukan terhadap semua perkara bacaleg / peserta pemilu yang statusnya sebagai Terlapor / Tersangka, mengacu dari Jukrah Kapolri melalui ST.2232.IX.1.24.2023, bahwa kriteria Perkara yang harus tetap kami lakukan penyelidikan penyidikannya adalah :

1. Tindak Pidana Pemilu / Pemilihan, atau
2. Tertangkap tangan melakukan Tindak Pidana Kejahatan, atau
3. Telah melakukan Tindak Pidana yang diancam pidana seumur hidup, hukuman mati, atau
4. Melakukan Tindak Pidana Kejahatan terhadap Keamanan Negara (Kamneg), atau
5. Melakukan Tindak Pidana yang berakibat menimbulkan kerusuhan / kegaduhan di masyarakat, atau
6. Melakukan Tindak Pidana yang tergolong luar biasa atau Extra Ordinary Crime (Terorisme, Narkotika, Korupsi, Kejahatan HAM berat, Kejahatan Transnasional yang terorganisir, Perdagangan orang),” pungkasnya.

BACA JUGA :  Kaster Kasrem 043/Gatam Hadiri Malam puncak Harla KNPI EMAS propinsi Lampung

(Red)