Pasca Sarjana Unila Menggelar Seminar Nasional

57 views

(Unila): Pascasarjana Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Perlindungan Hak Atas Tanah Masyarakat Hukum Adat dalam Menghadapi Isu Pemanasan Global”.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Emersia, Bandar Lampung, ini dibuka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Anna Gustiana Zainal, S.Sos., M.Si., Kamis, 2 November 2023.

Dr. Anna dalam sambutannya mengungkapkan, hak atas tanah masyarakat hukum adat sering kali tidak diakui dan dilindungi hukum formal karena berbagai faktor, seperti ketidakpastian hukum, konflik agraria, dan eksploitasi sumber daya alam oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini dapat berkontribusi pada pemanasan global.

“Melalui forum ini, kami berharap dapat bersama-sama merumuskan langkah-langkah konkret untuk melindungi hak atas tanah masyarakat hukum adat dalam menghadapi isu pemanasan global,” kata Dr. Anna, yang juga merupakan Dosen FISIP Unila.

Direktur Pascasarjana Unila Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si., dalam laporannya menyebutkan, kegiatan ini dihadiri 100 peserta, termasuk pimpinan fakultas di lingkungan Unila, beberapa tokoh adat Lampung yang tergabung dalam Majelis Penyeimbang Adat Lampung (MPAL) Provinsi Lampung, lima kepala dinas di Lampung serta mahasiswa Program Pascasarjana (S-2) dan Program Doktor (S-3) Unila.

Ia menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan rekomendasi bagi pemerintah agar lebih memperhatikan perlindungan tanah adat, terutama di Provinsi Lampung.

Seminar nasional ini melibatkan tiga narasumber, yaitu Prof. Dr. Muhammad Akib, S.H., M.Hum., Dr. Ir. Mahawan Karunia, M.M., dan Dr. Candra Perbawati, S.H., M.H. Selain itu, hadir pula Dekan FEB Unila, Dekan FH Unila, serta Wakil Dekan I FKIP Unila. (**)

BACA JUGA :  Kabid Pengadaan Dan Mutasi akhirnya Di Non job