Unila Gelar Festival Kebangsaan Dengan Semangat Nasionalisme Merajut Kebersamaan

94 views

0UNILA Gelar Festival Kebangsaan Unila-PAPPRI: Musik dan Semangat Nasionalisme Merajut Jiwa Generasi Z

Bandar Lampung

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Universitas Lampung (Unila) bekerja sama dengan Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (Pappri) akan menyelenggarakan event “Festival Kebangsaan, di kampus Unila, Bandar Lampung, 21/11/2023.

Pihak penyelenggara Festival Kebangsaan akan menghadirkan tiga kegiatan utama.

Pertama, Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Musik dalam Gerakan Kebangsaan, yang akan melibatkan narasumber seperti Sujiwo Tejo, Alffy Rev, Novia Bachmid. Once Mekel dan Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani D.EA. IPM ASEAN Eng. Dialog ini akan dipandu Dr. Al Zastrouw di Gedung Serbaguna Unila pukul 10.00 hingga 12.00 WIB

Kegiatan kedua, Pop Art Market Activity, yakni pameran kewirausahaan mahasiswa dan ekspresi kreativitas karya mahasiswa di area lapangan sepak bola kampus Unila, yang akan dimulai pukul 09.00 sampai 17.30 WIB Kegiatan selanjutnya, Konser Kebangsaan, Musik Merajut Jiwa, akan menyuguhkan penampilan Alffy Rev, Once Makel, Band, Ki Ageng Ganjur, Dwiki Dharmawan, Novia Bachmid, dan Dewa Budjana, di lapangan sepak bola kampus Unila pukul 19.00 hingga 22.00 WIB.

Rektor Unila Prof. Lusmeillia mengatakan, event ini bukan hanya sebagai peringatan Hari Pahlawan, tetapi juga sebagai tugas kesejarahan kampus, mengingat peran kalangan intelektual dalam gerakan kebangsaan Indonesia.

“Festival Kebangsaan ini memiliki akar historis dan merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM” ujarnya.

Senada dengan hal itu, Dwiki Dharmawan selaku Sekjen Pappri menuturkan, event ini merupakan salah satu upaya membangkitkan semangat nasionalisme, khususnya di kalangan generasi Z.

yang saat ini menghadapi tekanan arus liberalisme dan fundamentalisme akibat globalisasi.

BACA JUGA :  Debat Cawapres membuat Masyarakat Semakin Yakin pilih PAN ( Prabowo-Gibran)

Once Mekel, pengurus DPP Pappri bidang program menambahkan, kolaborasi dan sinergi antara perguruan tinggi dan pelaku musik sangat diperlukan untuk menjawab tantangan nasionalisme di kalangan generasi Z.

Dia menggaris bawahi pentingnya dialog lintas generasi melalui musik dengan tema Musik Merajut Jiwa.

Acara ini juga didukung
gerakan kebangsaan “Akar Indonesia yang bertujuan meningkatkan kesadaran akan rasa bangga pada tanah ait Indonesia.

Profil Institusi:

Universitas Lampung merupakan perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Bandarlampung. Provinsi Lampung. Universitas ini didirikan pada tahun 1965 dengan nama Universitas Lampung (Unila).

Universitas Lampung memiki delapan fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan lima Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas limu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran, dan Program Pascasarjana Universitas Lampung memiliki Visi menjadi Center of Excellence di tingkat nasional dan internasional sebagai institusi yang kuat (Be Strong) berdasarkan nilai-nilai luhur budaya nasional dan Pancasila, Universitas Lampung juga memiliki Misi untuk menerapkan tridarma perguruan tinggi yang berkualitas guna menghasilkan sumber daya manusia yang adaptif dan fleksibel terhadap perubahan serta inovasi yang bermanfaat bagi peningkatan daya saing bangsa.(Eka/Oji )