Sekilas Sosok Dan Karier Wakapolda Baru Lampung

1,215 views

Jabatan Dan Kewenangan Untuk Membantu Orang Jangan Menyakiti Orang

Sosok bersahaja dan murah senyum, Brigjen. Pol. Dr. Ahmad Ramadhan, angkatan AKPOL 91 seorang perwira tinggi Polri yang sejak 28 Desember 2023 mengemban amanat Wakil Kepala Kepolisian Daerah Lampung.

Kata bijak yang melekat pada dirinya yang diimplememtasikan kepada masyarakat sebagai Perwira Tinggi di Kepolisian mengungkapkan “Jadikan kewenangan kita untuk membantu orang jangan menyakiti orang” ungkapnya saat ngobrol santai dengan awak media di ruang kerjanya.

Brigjen Ahmad Ramadhan, Putra Lampung yang bersekolah SD 2 Rawalaut, SMP 2 Tanjungkarang dan SMA 2 Tanjungkarang melalui jalur undangan diterima di Fakultas Pertanian Universitas Lampung namun lebih memilih mendaftar AKMIL lulus di Kepolisian.

“Saya lulus SMA dapat jalur undangan diterima di Unila Fakultas Pertanian tapi tidak saya ambil saya memilih mendaftar AKMIL dengan cita cita di TNI – AD namun saat latihan saya jatuh wajah saya membentur aspal. Ketika pengumuman akhir saya diterima di Kepolisian.

Brigjen Pol Ahmad Ramadhan resmi menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Lampung, Rabu (17/1/2024) di Aula Siger Lounge Mapolda Lampung.

Brigjen Ahmad Ramadhan merupakan salah satu putra terbaik Lampung yang berasal dari bapak asli Pagar Dewa dan ibu dari Menggala Tulang Bawang.

Brigjen Ramadhan lahir di Bandar Lampung pada 2 Desember 1969. Ia merupakan lulusan dari Akademi Kepolisian atau Akpol 1991 yang berpengalaman dalam bidang Intelijen.

Dalam mengawali karier nya, Brigjen Ramadhan bertugas sebagai Perwira Pertama di Polres Maluku Tengah, Polda Maluku pada tahun 1992 dengan umur masih 23 tahun.

Kemudian pada tahun 1993, ia menjabat sebagai Kapolsek Baguala, Polres Ambon Polda Maluku. Lalu pada tahun yang sama, ia juga menjabat sebagai Kapolsek P Haruku.

BACA JUGA :  Jelang Hari Juang TNI AD ke -78 Korem Gelar Doa Bersama

Selanjutnya pada tahun 1994, ia ditunjuk sebagai Kapolsek Nusaniwe. Lalu, tahun 1995 Kapolsek Banda Polres Maluku Tengah, Polda Maluku

Pada tahun 1996, Brigjen Ramadhan masih bertugas di Polda Maluku sebagai Kanit Satintelkam, Polres Maluku Tegah dan pada 1997, ia menjabat sebagai Kanit Subdit 1 Ditintelkam.

Brigjen Ramadhan kemudian ditugaskan menjabat Kasat Intelkam Polres Maluku Tengah tahun 1997. Lalu, pada 1999 ia menjadi Kasatreskrim Polres Maluku Tengah Polda Maluku.

Setelah mengemban tugas di Polda Maluku, Brigjen Ramadhan mendapatkan amanah bertugas di kampung halaman pada tahun 2000 sebagai Pama Polda Lampung.

Lalu, pada tahun 2000 ia ditunjuk sebagai Kaurmin Subagrenmin Ditintelkam Polda Lampung. Dua tahun kemudian ia ditunjuk menjadi Kasubbagselek Bagdalpers Biro SDM Polda Lampung.

Brigjen Ramadhan juga sempat menjabat sebagai Wakapolres Lampung Barat Polda Lampung tahun 2002. Pada tahun 2005 ia kembali dialih tugaskan menjadi Pamen STIK Lemdiklat Polri

Setahun kemudian, ia mendapatkan amanah menjadi Kabagbinkar Biro SDM Polda Bangka Belitung tahun 2006. Lalu 2007 menjadi Pamen Polda Bangka Belitung.

Brigjen Ramadhan juga pernah menjadi Kabid Humas Polda Bangka Belitung tahun 2007. Setahun kemudian, menjadi Pamen Polda Sulawesi Tengah.

Tahun 2008, Brigjen Ramadhan masih bertugas di Polda Sulawesi Tengah dengan menjabat sebagai Kasubdit Ditintelkam. Ditahun yang sama, ia dialihtugaskan sebagai Kapolres Toli Toli.

Selanjutnya, pada tahun 2011, Brigjen Ramadhan ditunjuk sebagai Kapolres Palu Polda Sulawesi Tengah. Pada tahun 2014 ia menjabat sebagai Pamen Bareskrim Polri.

Brigjen Ramadhan kemudian menjabat Analis Kebijakan Madya bidang Kamneg Baintelkam Polri tahun 2018. Dua tahun kemudian, ia ditunjuk sebagai Kabagpenum Ropenmas Divhumas Polri tahun 2020.

Terkini, pada tahun 2021 Brigjen Ramadhan ditunjuk menjadi Karopenmas Divhumas Polri. Dua tahun kemudian tahun 2023, ia diberikan amanah menjadi Wakapolda Lampung.

BACA JUGA :  Danrem 043/Gatam Dampingi Pangdam II/Sriwijaya Amankan Serangkaian Kunjungan Kerja Presiden Di Lampung

Brigjend Ahmad Ramadhan memiliki istri cantik berasal dari Lahat Sumatera Selatan . Pernikahan mereka dikaruniai 4 orang anak yakni putra pertamanya berpangkat Perwira di Kapasus, kemudian kedua putri yang menikah denganseorang dokter yang juga anggota Polri, putra ketiga saat ini tingkat 2 di AKPOL dan sibungsu seorang remaja putri.

“Selama jadi anggota polisi saya pulang berlebaran hanya 2 kali. Sekarang pulang ke kampung halaman saya bertekad memberikan yang terbaik untuk kampung halaman saya,” tutup Brigjend Ahmad Ramadhan.(Red)