Pemprop Lampung Apresiasi peluncuran Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri

62 views

Pemprov Lampung Apresiasi Peluncuran Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri oleh BI Perwakilan Lampung untuk Merespons Kebutuhan Penukaran Uang Saat Ramadan dan Idul Fitri

BANDARLAMPUNG —–News Analis.Com, Pemerintah Provinsi Lampung mengapresiasi pelaksanaan peluncuran Semarak Rupiah Ramadan (Serambi 2024) dan Berkah Idul Fitri oleh Bank Indonesia (BI) dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan penukaran uang saat Ramadan dan Idul Fitri 1445 H.

Hal itu disampaikan Asisten Administrasi Umum Senen Mustakim, saat mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dalam Kick Off Serambi 2024 di Halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Jumat (15/3/2024).

Bertema “Bijak Gunakan Rupiah Di Bulan Penuh Berkah”, Serambi 2024 ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

“Sangat mengapresiasi pelaksanaan ini dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang rupiah layak edar dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai,” ujar Senen.

Menurut Senen, memasuki periode Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, ketersediaan uang layak edar sangat penting.

“Baik itu untuk menunjang aktivitas masyarakat, aktivitas ekonomi maupun keperluan bersilaturahmi seperti THR lebaran,” katanya.

Peredaran penukaran uang ini dilakukan dalam layanan kas keliling di berbagai pusat keramaian dan pusat perbelanjaan di Provinsi Lampung.

Selain itu, layanan yang diberikan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung ini juga dilakukan di Rest Area dan Pelabuhan Bakauheni.

“Tentunya hal ini semakin memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh uang layak edar yang dibutuhkan,” ujarnya.

Senen menjelaskan, masyarakat sudah dimudahkan dengan layanan penukaran yang memungkinkan masyarakat dapat melakukan penukaran dengan mendaftar terlebih dahulu pada Aplikasi Pintar BI.

Kemudian, masyarakat juga dapat melakukan penukaran dengan melakukan pembayaran QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

BACA JUGA :  Polda Ucapkan Selamat bagi 45 Polisi Terpilih Seleksi Alih Golongan

“Bukan hanya menukar uang, masyarakat dapat memanfaatkan pembayaran melalui QRIS untuk berbelanja dan bersedekah,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Senen mengajak masyarakat untuk bukan hanya cinta dan bangga rupiah, namun juga memahami dalam bertransaksi, berbelanja dan berhemat.

“Menjadi masyarakat yang bijak dalam bertransaksi dan berbelanja, artinya sesuai kebutuhan, dan tidak berlebihan, serta melakukan transaksi pembayaran secara digital, dengan memanfaatkan QRIS,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Junanto Herdiawan mengatakan Bank Indonesia menyiapkan Rp197 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Ramadan dan Idul Fitri 1445 H.

Junanto menyebut khusus untuk Provinsi Lampung, Bank Indonesia menyediakan Rp4,3 triliun.

“Jadi masyarakat jangan khawatir untuk penukaran,” ujar Junanto.

Junanto menyampaikan apresiasi kepada para perbankan yang bersama-sama sebagai mitra dalam membantu mengedarkan uang tersebut ke masyarakat.

“Bank Indonesia tidak bisa bekerja sendiri karena yang mengedarkan uang sampai ke masyarakat itu dibantu oleh perbankan,” katanya.

Junanto meminta kepada pihak perbankan, selain pelayanan kebutuhan masyarakat terhadap penukaran uang, namun juga terhadap pengisian mesin ATM.

“Mohon bantuan dari perbankan, kita layani kebutuhan masyarakat nasabah mendapatkan tukaran uang pecahan dan mesin ATM nya,” katanya. (**/Oji)

google.com, pub-4028159191961500, DIRECT, f08c47fec0942fa0