Menebak Nebak Bacalon wagub yang Bakal Mendampingi Kyai Mirza (RMD)

55 views

Menerka Tiga Kandidat Cawagub Pendamping Mirza,

Bandar Lampung, ——News analis. Com,
Sekjen Gerinda Ahmad Muzani mengumumkan Rahmat Mirzani Djausal sebagai Bakal calon Gubernur Lampung Pilihan Presiden Terpilih beberapa waktu lalu saat acara Halal Bihalal Partai Gerindra yang dihadiri langsung Sekjen partai Achmad Muzani yang merupakan Respentatif Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Soal tebak-tebakan siapa calon wail gubernur pendamping Rahmat Mirzani Djausal, pengamat politik Universitas Lampung (Unila) Darmawan Purba memprediksi orang tersebut berasal dari PKB. Diantaranya Ada Bupati Lampung Timur, Ada dokter Jihan,Dari DPD RI, Ada Dr Zam zanarah Dan Ada juga Mantan Bupati Pringsewu SUJADI, kalau kita menengok Partai politik dulu beliau didukung PKB.

“J, D dan Z yang disebut Dasco (Ketua Harian DPP Gerindra) kemungkinan orang PKB,” kata Darmawan Purba, Jumat (24/5).

Menurut Darmawan, orang yang bisa melengkapi dan mempermudah kemenangan Mirza yang berasal dari Gerindra adalah PKB dan sudah punya pengalaman.

Dia menebak, J yang dimaksud adalah Anggota DPD RI Dapil Lampung dokter Jihan Nurlela yang merupakan adik kandung Ketua PKB Lampung Chusnunia Chalim atau Nunik.

Sementara D adalah Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo yang berasal dari PKB. Lampung Timur memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 sebanyak 822.906 pemilih Dan Lampung Timur Merupakan basis PKB semenjak Mbk NUNIK sebagai wakil Bupati Lampung Timur hinggga pencalonan Sebagai Wakil Gubernur berpasangan dengan Arinal Djunaidi saat pilgub tahun 2019-2024.

“Keduanya representasi etnis terbesar, NU, PKB, mewakili kabupaten berpenduduk besar, sudah memiliki popularitas dan sudah berpengalaman di pemerintahan,” jelas Darmawan.

Sementara sosok Z, lanjut Darmawan, masih belum terlalu jelas. Tapi jika boleh ditebak, Z adalah dokter Zam Zanariah yang pada Pemilu 2024 kemarin mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD Lampung dari PKB.

BACA JUGA :  DD 2024, Betik Farm Mendapat Mesin Pembuat Pakan Ikan dari Pekon Sri

Kita masih ingat Respentasi DARI PKB ada SUJADI mantan Bupati Pringsewu dua periode mungkin beliau juga dapat mewakili kaum Natdatul Ulama atau NU atau secara tidak langsung mewakili parpol partai kebangkitan Bangsa yang ada di Lampung, mewakili kaum Agamis Dan kaum Nasinalis bagi Gerindra Dan kaum agamis mewakili Kaum Nahdiyin atau NU

dilihat Dari kultur daerah sudah cukup mewakili juga Putra daerah asli Dan Putra daerah pribumi.

“Tapi, lebih mengerucut ke Jihan. Karena dia punya personal electability 910.318 suara di DPD RI dan punya pesona politik yang tinggi,” kata Dosen Ilmu Pemerintahan Unila ini.

Tak jauh beda dikatakan Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) Candrawansah. Menurut dia, tak hanya calon gubernur, elektabilitas dan popularitas calon gubernur juga sangatlah penting.

Dari data Bacalon yg dimuncul yang lebih Malik akal Dan ideal bisa Jadi dr Jihan Nurlela yang paling siap punya kantong suara Dan pengurus Partai atau anggota Parpol dari PKB (adek Kandung ketua DPW PKB lampung) yang tempat Selama ini Berpolitik Dan bernaung sebagi Rumah besar disaat tidak Di DPD RI.

“Dari yang disebutkan Dasco, inisial D, Z dan J, menimbulkan banyak spekulasi nama. Bisa jadi J adalah Anggota DPD RI atau D adalah Bupati salah satu Kabupaten di Lampung,” kata mantan Ketua Bawaslu Bandar Lampung ini.

Tetapi dia mengingatkan, politisi kadang hobi membuat publik penasaran dan berspekulasi. Hal itu juga bisa membuat isu ini terus diperbincangkan Dan menjadi opini.

“Nama-nama ini sengaja dikaburkan agar masyarakat bertanya-tanya, yang pasti calon Wagubnya nanti mempunyai pemilih yang signifikan dan kemungkinan berdasarkan inisial yang kita sudah kenal,” pungkasnya. (Red).

BACA JUGA :  Satu Tahun kepemimpinan Rektor Unila prof. Lusmeilia diperingati
google.com, pub-4028159191961500, DIRECT, f08c47fec0942fa0