Pekon Margakaya Bangun Rabat beton Dan Drainase Dengan Anggaran Dana Desa Tahap 1

38 views

PRINGSEWU | Newsanalis.com- Aparatur di Pekon Margakaya, Kecamatan Pringsewu realisasikan Dana Desa (DD) tahap 1 Tahun Anggaran 2024 untuk program pembangunan fisik meliputi penimbunan jalan dusun, rabat beton dan pembangunan drainase.

Pj Kepala Pekon Margakaya, Dika Dwiaji mengatakan, penggunaan DD tahap 1 Tahun anggaran 2024 untuk kegiatan fisik mengacu pada hasil Musrenbang pekon, yaitu penimbunan jalan dusun, rabat beton dan pembangunan drainase dengan lokasi tersebar di beberapa titik dusun.

“Untuk penimbunan jalan dusun sudah berjalan dilokasi yang sudah ditentukan, diantaranya dusun 2 Danau dan dusun 3 Karang Kembang. Sedangkan untuk pembangunan rabat beton dan drainase masih dalam proses, insyaallah dikerjakan di bulan ini juga,” ucap Dika saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (15/05/24).

Dika mengemukakan, perencanaan kegiatan fisik tersebut sudah melalui proses panjang dan sesuai dengan harapan masyarakat.

Diawali dari Musyawarah Dusun (Musdus), berlanjut ke Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Pekon dan menghasilkan program kegiatan.

“Program pekon memang harus mengedepankan apa yang jadi kebutuhan masyarakat, sehingga pembangunannya juga bisa tepat sasaran dan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan adanya Musdus dan Musrenbang Pekon, hal ini akan bisa mengakomodir apa yang aspirasi dan harapan masyarakat”, katanya.

Budi Utomo, Kasi Pemerintahan di Pekon Margakaya menjelaskan, program penimbunan jalan dusun dalam pelaksanaannya dibantu oleh masyarakat sekitar lokasi. Pemberdayaan masyarakat juga menjadi prioritas dari pembangunan yang dilaksanakan di Pekon Margakaya.

“Dengan memanfaatkan anggaran sebesar Rp.16.500.000, kegiatan penimbunan jalan di dusun Danau sepanjang 141 meter dengan lebar 3 meter, dapat selesai dikerjakan selama 11 hari. Sementara untuk penimbunan jalan di Dusun Karang Kembang sepanjang 50 meter dan lebar 3 meter, dikerjakan selama 5 hari dengan nilai Rp.5.800.000. Dalam kegiatan ini, kita libatkan masyarakat sekitar,” paparnya.

BACA JUGA :  Bidhumas Polda Lampung Berikan Bantuan Air Bersih

Kepala Dusun (Kadus) Danau M. Baharudin mengatakan, penimbunan jalan ini masuk ke lingkungan Dusun 2, RT 01 dan tembus menuju RT 06 RW 01. Awalnya kata dia, jalan merupakan jalan kapling milik pengembang yang sekarang sudah dihibahkan ke pemerintah Pekon Margakaya.

“Tadinya jalan ini memang milik pengembang kaplingan, cuma sudah dihibahkan ke desa. Sebelumnya, jalan ini sulit untuk dilewati, apalagi kalau musim penghujan. Dengan adanya penimbunan ini, masyarakat betul-betul bisa merasakan manfaatnya,” terangnya.

Senada disampaikan Sugiyo, Kepala Dusun 03 Karang Kembang mengucapkan terimakasih kepada aparatur pekon Margakaya yang sudah merealisasikan program penimbunan jalan diwilayahnya, sesuai dengan harapan masyarakat.

“Mewakili masyarakat, saya mengucapkan terimakasih kepada aparatur di Pekon Margakaya. Dengan adanya penimbunan jalan di dusun kami, yang awalnya jalan menuju Pamsimas ini becek, sekarang tidak lagi dan mudah untuk dilalui kendaraan”, imbuhnya. (*/Rojil)

google.com, pub-4028159191961500, DIRECT, f08c47fec0942fa0