Louching Maskot pilkada Bandar Lampung oleh KPU menghabiskan anggaran cukup pantastis

81 views

Bandarlampung —-— News analis. Com Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandar Lampung menghabiskan anggaran Pilkada 2024 hampir Rp500 juta untuk launching maskot berbentuk monyet berpakaian adat Lampung beberapa waktu lalu.

Kegiatan launching Maskot Monyet yang diberi nama ‘Kerabat’ tersebut, sekaligus pelaksanaan jalan sehat menyongsong Pilwakot 2024 di Bandar Lampung.

Berdasarkan data yang dihimpun dari website sirup.lkpp.go.id, KPU Bandar Lampung menganggarkan kegiatan tersebut mencapai Rp410 juta.

Dengan rincian, anggaran pengadaan snack launching maskot dan jalan sehat menyongsong Pilkada 2024 sebesar Rp40 juta.

Kemudian anggaran pengadaan kaos peserta peluncuran maskot dan jalan sehat sebesar Rp170 juta.

Selanjutnya belanja jasa event organizer Rp100 juta, dan belanja operasional lainya (belanja hadiah) Rp100 juta. Jika ditotal mencapai Rp410 juta.

Dikonfirmasi perihal tersebut, Ketua KPU Bandar Lampung Dedy Triadi enggan berkomentar banyak.

Namun dirinya memastikan, dalam pengadaan boneka maskot berbentuk monyet tersebut, KPU Bandar Lampung tidak mencetak banyak. Karena boneka maskot yang dibuat, hanya sebatas sovenir peserta pada kegiatan tersebut.

“Jadi tidak terlalu banyak cetaknya,” ujarnya.

Untuk diketahui, launching lnya maskot berbentuk monyet tersebut menuai banyak protes dari berbagai kalangan dan juga tokoh adat.

Hal ini dikarenakan, maskot yang terpilih menjadi pemenang dalam lomba yakni Maskot Monyet berpakaian baju adat Lampung.

Sejumlah tokoh adat Lampung menilai bahwa penggunakan Maskot Monyet menggunakan pakaian adat Lampung merupakan penghinaan pakaian adat Lampung.

Setelah menuai banyak protes, dan melakukan musyawarah dengan para tokoh adat, KPU memutuskan untuk meniadakan maskot dalam Pilwakot Bandar Lampung. (**)

Editor (Armiji)

BACA JUGA :  Babinsa Jajaran Kodim 0410/KBL ikuti Apel Mantap Brata 2023-2024
google.com, pub-4028159191961500, DIRECT, f08c47fec0942fa0