Mahasiswa FT menjadi Juara 3 Dalam Turnamen Robotik Piala Ketua MPR RI

46 views

Bandar Lampung —–News analis. Com (Unila): Dafa Sitanala Putra Baladiah (Teknik Informatika’18) dan Nayaka Adiwidya Putra (Teknik Elektro’24) dari Universitas Lampung (Unila), meraih juara tiga dalam Turnamen Robotik Indonesia Line Follower Mahasiswa atau Umum Piala Ketua MPR RI, di Gor Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta Timur, 17-19 Mei 2024.

Perlombaan robot line follower mikro merupakan kompetisi robot otomatis pengikut garis yang dirancang untuk menyelesaikan misi dari panitia. Kompetisi ini bertujuan meningkatkan kreativitas dalam merancang, membangun, dan mengoperasikan robot yang dibuat sendiri. Perlombaan biasanya diadakan sekali dalam setahun.

Robot yang diperlombakan, yaitu ichibot, berasal dari Yogyakarta dan telah dimodifikasi menjadi lebih baik untuk robot line follower. Pengoperasiannya dimulai dengan mengatur terlebih dahulu jalur yang diinginkan, kemudian menjalankannya dengan menekan tombol start pada robot.

Dafa dan Nayaka mengikuti kompetisi ini untuk mengasah keterampilan mereka. Meskipun dana yang dikeluarkan relatif besar, terutama jika robot mengalami kerusakan, mereka merasa puas dengan kemenangan manis yang dinantikan.

Target mereka selanjutnya, mengikuti kompetisi Technocorner Universitas Gajah Mada (UGM), melawan universitas-universitas lain di Indonesia. Melalui kompetisi ini, Dafa dan Nayaka merasa terbantu dalam mengukur kapasitas lawan sehingga mereka dapat mengevaluasi dan lebih mempersiapkan diri untuk kompetisi-kompetisi berikutnya.

Dafa turut berbagi kesan saat perlombaan dan memberikan pesan kepada mahasiswa Unila untuk tidak membuang-buang waktu dan memanfaatkannya sebaik mungkin.

“Kompetisi ini sangat seru dan pertandingan berlangsung dengan tenang dan santai, sehingga kami bisa fokus pada jalannya pertandingan. Pesanku, gunakanlah waktu untuk hal yang lebih bermanfaat dan berusahalah membuktikan kamu bisa bersaing dengan mahasiswa universitas lain serta membawa nama besar Unila menjadi harum,” ujar Dafa.

BACA JUGA :  Pemkab Pringsewu Gelar Pelatihan Peningkatan Numerasi Metode Gasing

Mereka berharap kompetisi robotik sebagai tren positif ini dapat dilanjutkan adik-adik tingkat di Unila yang berminat dan berbakat dalam perlombaan robot line follower, sehingga bisa terus mencetak prestasi untuk Unila. (Red)

google.com, pub-4028159191961500, DIRECT, f08c47fec0942fa0