TNI AL Berikan Pelatihan Ketahanan Pangan Di Wilayah Lanal Lampung

59 views

PESAWARAN | Newsanalis.com- TNI Angkatan Laut (TNI AL) memberikan pelatihan ketahanan pangan mengenai budidaya rumput laut, Udang Vaname menggunakan Bioflok, jagung dan padi dibawah binaan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lampung dari tanggal 19 hingga 20 Juni 2024.

Kepala Dinas Potensi Martitim Mabesal, yang diwakili oleh Kepala Sub Dinas Pembinaan Ketahanan Wilayah Maritim(Kasubdis Bintahwilmar) Kolonel Laut (P) Samsul Bahri. W.S.E,. Mtr. Opsla mengatakan, kegiatan ini diikuti masyarakat pesisir dari Kecamatan Teluk Pandan serta Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran dari tanggal 19 hingga 20 Juni 2024.

” Ya, alhamdulillah kegiatan ketahanan pangan disini bisa dilaksanakan dan memang ranahnya daerah pesisir,” ucap Kolonel Laut (P) Samsul Bahri W,S.E,.Mtr. Opsla didampingi Paspotmar Lanal Lampung Mayor Laut (P) Koko Sujaliatno, para kelompok tani, dan pihak swasta Haris serta dari Badan Cadangan Logistik Strategis (BCLS) Kemenhan RI, di Mako Lanal Piabung Wayratai, Padang Cermin, Jum’at 21 Juni 2024.

Kasubdis Bintahwil Dinas Potensi Martitim Mabesal melanjutkan, tentunya ini menjadi harapan dari pemimpin juga bahwa semua budidaya di daerah pesisir ini dilaksanakan oleh Pangkalan TNI AL (Lanal) salah satunya Lanal Lampung.

” Ya, alhamdulillah Lanal Lampung sudah bisa bekerja sama dengan pihak swasta (Haris, red) untuk melaksanakan kegiatan penanaman budidaya rumput laut, bioflok udang vaname,” ujar Kolonel Laut (P) Samsul Bahri, usai menghadiri pelatihan ketahanan pangan di Balai Prajurit (Bapra) TNI AL Lampung, Jum’at 21Juni 2024.

Selain dari itu juga, sambung Kasubdis Bintahwil Mabesal menyebutkan, budidaya jagung dan padi tentu dipastikan hasil produktivitasnya optimal.

” Karena itu, kami meninjau budidaya jagung, pisang dan padi berlokasi di lahan dekat Mako Lanal Lampung Caligi, Desa Batu Menyan, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran,” jelasnya.

BACA JUGA :  Puluhan Warga Geruduk Tempat WisataJukung Vietnam Kemiling.

Untuk itu, Kasubdis Bintahwil juga berharap melalui program ketahanan pangan ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat pesisir dengan budidaya yang akan dikembangkan.

” Namun demikian juga tergantung masyarakatnya, yang pasti itu difasilitasi oleh kepala desa dan diajukan ke Paspotmar Lanal Lampung,” tandasnya.

Salah satu Kepala Desa Batu Menyan Sahruji mewakili kelompok tani dan nelayan di Pesisir Pesawaran menyambut baik dan merespon positif adanya program ketahanan pangan yang digulirkan oleh TNI Angkatan Laut melalui Pangkalan TNI AL (Lanal) Lampung.

” Ini salah satunya membawa dampak positif bagi masyarakat petani dan nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan, selain digulirkan bantuan bibit juga dibekali pelatihan penanaman yang optimal agar membuahkan hasil yang produktif,” ucapnya.

” Bahkan mendorong meningkatkan SDM petani lebih optimal dalam budidaya. Terimakasih dan apresiasi TNI-AL,” pungkas Kades Batu Menyan, bersama Kades Sidodadi Tunggal dari Kecamatan Teluk Pandan ini. (*/Risky)

google.com, pub-4028159191961500, DIRECT, f08c47fec0942fa0