Pastikan Berjiwa Sehat dan Bebas TBC,Lapas dan Puskesmas Gelar Skrining bagi WBP.

93 views

Pastikan Berjiwa Sehat dan Bebas TBC, Lapas Kotaagung Bersama Puskesmas Negara Batin Gelar Skrining bagi WBP

LASTAGUNG – Sebagai upaya preventif dalam menjaga kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), baik secara fisik maupun psikis, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kotaagung bersama Dinas Kesehatan kabupaten Tanggamus gelar skrining jiwa dan TBC di Aula Besar Lapas Kotaagung pada Kamis (8/6/2023).

Pemeriksaan ini dilakukan oleh 6 (enam) petugas kesehatan dari Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Negara Batin Tanggamus terhadap seluruh WBP Lapas Kotaagung berjumlah 418 orang dengan didampingi oleh Kasi Binadik dan Giatja Aryo Pratama dan jajaran subseksi perawatan Narapidana.

Dalam sambutannya, Aryo mewakili Kalapas Kotaagung, Beni Nurrahman mengatakan bahwa skrining jiwa dan TBC guna memastikan para WBP sehat secara jiwa dan terbebas dari penyakit menular TBC sehingga dapat mengikuti berbagai program pembinaan dengan baik.

“Pentingnya melakukan skrining ini untuk meminimalisir penularan penyakit TBC kepada WBP lain yang tentunya dapat menghambat kegiatan pembinaan dan ancaman gangguan keamanan dan ketertiban. Apabila ditemukan WBP yang mengalami masalah kejiwaan atau terindikasi terjangkit TBC, maka WBP tersebut dapat segera diberi tindakan terapi sampai sembuh”, terangnya.

Dengan pengawalan petugas, WBP datang silih berganti secara berkelompok sesuai kamar dengan tertib duduk antre dan mengisi kuesioner yang dibagikan oleh petugas untuk kemudian dipanggil satu persatu diperiksa dan diwawancarai oleh petugas kesehatan. ( Arman /red).

BACA JUGA :  Otoritas Jasa Keuangan(OJK) Lampung Menyelenggarakan Digital Financial Festival for Inclusion (Digiffest) 2023
google.com, pub-4028159191961500, DIRECT, f08c47fec0942fa0