Bupati Tanggamus Hadiri Pembukaan Festival Lampung Craft tahun 2023.

80 views

Bupati Tanggamus Hadiri Pembukaan Festival Lampung Craft Ke IV Tahun 2023

Bandarlampung–Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE. MM., dengan didampingi oleh Ketua Dekranasda Tanggamus, Nur’aini Hamid Lubis, menghadiri acara “Pembukaan Festival Lampung Craft Ke-IV Tahun 2023” bertempat di Gedung Graha Wangsa, Kota Bandar Lampung. Selasa 06/06/2023

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Lampung, Anggota Forkopimda Provinsi Lampung, Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung, Pimpinan BUMN, BUMD Pratama Pemprov Lampung, Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung,dan para peserta Lampung Craft.

Bupati Tanggamus Dewi handajani menyebutkan terdapat beragam produk lokal Tanggamus yang di pamerkan. Khususnya olahan kerajinan tangan yang di sebutkan hasil dari pelaku UMKM Tanggamus

Untuk Lampung Craft 2023, ada beberapa kerajinan hasil dari pelaku UMKM yang kita bawa seperti tenun batik dan produk daur ulang, kata Dewi Handajani.

Menurut Dewi Handajani, kabupaten Tanggamus merupakan kabupaten yang pelaku UMKM nya sangat baik dalam hal pengolahan bahan daur ulang.
Kualitas kerajinan daur ulang Tanggamus juga sangat baik, kata Dewi.

Dewi juga mengutarakan apresiasi kepada dekranasda provinsi Lampung yang dengan konsisten menggelar event serupa dalam empat tahun ke belakang.

Kami memberikan apresiasi kepada dekranasda provinsi Lampung atas Lampung Craft, yang merupakan ajang inovatif dalam memberi peluang pelaku UMKM lokal dalam memasarkan produknya, tutup Dewi”.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Lampung menyebutkan, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor utama untuk membangkitkan ekonomi Lampung. Karena itu, UMKM yang merupakan potensi perekonomian daerah harus dijaga keberadaannya.

“UMKM di Lampung merupakan potensi ekonomi yang harus dijaga. Oleh karena itu, saya mengharapkan tidak ada alasan UMKM di Lampung untuk tidak sukses. Karena bahan bakunya ada di Lampung dan bisa dipertahankan, tiggal meningkatkan kreativitas kita semua,” kata Gubernur

BACA JUGA :  Gerindra unggul Di Pesawaran Demokrat Rontok Ketua nya tumbang

Apalagi, menurut Gubernur Lampung, keberadaan UMKM sangat berpengaruh dalam menjaga keseimbangan ekonomi di Lampung. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil rilis data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada triwulan I 2023 yang menyebutkan bahwa ekonomi Lampung tumbuh dengan positif. Bahkan, menjadi satu-satunya provinsi di Sumatera dengan pertumbuhan ekonomi yang positif.

“Pertumbuhan ekonomi ini disebabkan adanya optimalisasi UMKM di Lampung yang mencapai lebih dari 320 ribu. Jadi UMKM ini salah satu yang mampu memberikan keseimbangan ekonomi,” jelas Gubernur

Untuk itu, Gubernur Lampung mendorong agar pembangunan Sentra UMKM segera dipercepat.

“Lahannya sudah ada, anggarannya juga ada. Jadi saya minta ini segera dipercepat pembangunannya,” tutur Gubernur

Melalui Lampung Craft, gubernur berharap bisa mendorong masyarakat untuk membeli produk-produk lokal, khususnya produk dari pelaku UMKM di Lampung.

“Saya juga berharap, ke depannya, produk UMKM Lampung dapat menembus pasar nasional bahkan hingga pasar Internasional,” harap Gubernur

Sedangkan Ketua Dekranasda Lampung, Riana Sari Arinal, mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa mendongkrak promosi kerajinan lokal hingga kancah nasional dan internasional.

Ketua Dekranasda Lampung menuturkan, perkembangan wastra dan kriya Lampung semakin menggeliat, pameran Lampung Craft yang telah dilaksanakan sejak tahun 2020 hingga saat ini, telah menjadi ajang pameran yang paling ditunggu oleh para pelaku UMKM khususnya kerajinan dan juga para pecinta wastra dan kerajinan lampung ,yang bukan sebatas masyarakat Lampung saja namun sudah meluas hingga berbagai daerah di Indonesia.

Diakhir sambutannya, Ketua Dekranasda Lampung mengatakan, Dekranasda Lampung akan terus melakukan inovasi dan ide baru untuk mengangkat karya UMKM ke kancah nasional.

“Berbagai program kegiatan seperti pelatihan atau bimtek kedinasan.(**).

google.com, pub-4028159191961500, DIRECT, f08c47fec0942fa0