Kabupaten Pesawaran Lomba Cepat Tepat Pemberdayaan Desa sepropinsi Lampung.

96 views

Kabupaten Pesawaran berhasil menorehkan prestasi dalam Lomba Cepat Tepat (LCT) Pemberdayaan Desa se-Provinsi Lampung yang berlangsung pada tanggal 31 Mei 2023.

Dalam gelaran Lomba Cepat Tepat yang dilaksanakan dalam rangkaian Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) ke XXIV tersebut, Kabupaten bermotto Andan Jejama meraih posisi runner up diatas Kabupaten Way Kanan yang meraih Juara 3 dan dibawah Kabupaten Tubaba yang meraih juara I.

Para pemenang lomba, Tim LCT Kabupaten Pesawaran didampingi oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Pesawaran Ir. Heriyansyah & Kadis PMD Kabupaten Pesawaran Drs. Nur Asikin MIP. menerima Piala dan piagam penghargaan sebagai tanda kehormatan di Hotel Novotel, Bandar Lampung yang merupakan rangkaian Gala Dinner Gelar TTG Nusantara XXIV Tahun 2023 dan dihadiri langsung oleh Menteri Desa PDTT RI serta Gubernur Lampung pada selasa (06/06/2023).

Asisten Administrasi Umum Setdakab Pesawaran, Heriansyah menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada Tim yang telah berjuang untuk mengharumkan nama Pesawaran pada ajang LCT.

“Ucapan terima kasih yang setingi tingginya untuk Tim LCT Kabupaten Pesawaran yang telah menunjukkan kemampuan luar biasa dalam LCT ini dengan berhasil mengalahkan Tim Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Mesuji pada babak penyisihan pertama. Disusul dengan kemenangan di babak kedua, mengalahkan Way Kanan dan Lamteng,” ucap Heriansyah.

Dirinya menambahkan bahwa Kabupaten Pesawaran di bawah kepemimpinan Dendi Ramadhona K, ST., M.Tr.IP., sangat berkomitmen memberdayakan segenap potensi masyarakat dan desa demi kemajuan Kabupaten setempat sebagaimana tertuang dalam Visi Misi Kabupaten Pesawaran 2021 – 2026.

“Pak Bupati sudah berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat dan desa sesuai Misi nya yang ke – 5, yaitu Mewujudkan Desa Mandiri Sebagai Titik Berat Pembangunan Berbasis Kemasyarakatan dan Potensial Lokal yang Berlandaskan Pemberdayaan Masyarakat, Kemitraan, Gotong Royong dan Bhinneka Tunggal Ika,” imbuhnya.

BACA JUGA :  HUT JMSI Ke-4 dan HPN 2024, JMSI Pringsewu Berangkatkan Pengurus dan Anggota ke Jakarta

Kadis PMD Kabupaten Pesawaran juga menambahkan ada kebanggaan tersendiri bagi Pemkab Pesawaran karena Kementerian Desa PDTT RI dan Pemerintah Provinsi Lampung mengamanahkan Kabupaten yang berjuluk Bumi Wisata Sejuta Pesona itu sebagai tujuan Widyawisata Gelar TTG Nusantara XXIV yakni di Smart Village Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan serta Pantai Sari Ringgung.

Lebih lanjut pada lomba tersebut, Tim LCT Kabupaten Pesawaran terdiri dari 3 unsur Pemberdayaan Masyarakat Desa perwakilan Kabupaten Pesawaran yaitu, Novalia Rosa, S.STP sebagai perwakilan Dinas PMD Kabupaten Pesawaran, Abdul Haris Tsalasi perwakilan Pendamping Desa dan Zeni Firmansyah sebagai perwakilan Ketua Posyantek.

Zeni Firmansyah mengungkapkan, awalnya ia ragu untuk mengikuti lomba ini, terutama karena ini adalah pertama kalinya penyelenggara Gelar Teknologi Nusantara mengadakan lomba LCT sebagai rangkaian kegiatannya. Namun, dengan percaya diri dan tim yang solid, ia yakin akan mendapatkan juara dan dapat mengharumkan nama Kabupaten Pesawaran.

“Ini pertama kalinya, saya mengikuti lomba LCT Pemberdayaan Masyarakat, soal-soal yang diberikan dewan juri cukup unik, mengingat soal yang diberikan dibacakan dengan jawaban pilihan ganda,” ujarnya ketika diwawancarai(**).