Gubernur Lampung Ajak Semua pihak mempersiapkan Hadapi NATARU

58 views

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta kepada pihak terkait di pemerintah Provinsi Lampung agar melakukan persiapan yang terbaik menyambut hari natal 2023 dan tahun baru 2024 (NATARU).

Hal itu di ungkapkan Arinal saat membuka “High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Se-Provinsi Lampung Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024 (NATARU)”,Di Hotel Bukit randu, Bandar Lampung,Kamis 7/12/2023.

“Saya minta kepada semua pihak yang terlibat agar dapat melakukan persiapan yang lebih baik dari tahun sebelumnya karena momen ini merupakan peristiwa rutin yang terus kita hadapi setiap tahun.” Ucap Arinal.

Ia juga menjelaskan masalah menjelang hari natal 2023 dan tahun baru 2023 mungkin akan terjadi seperti,Peningkatan permintaan kebutuhan pokok masyarakat dan kecenderungan peningkatan harga,
Potensi kecelakaan dan kemacetan lalu lintas,Peningkatan kebutuhan layanan transportasi dan infrastruktur,
Potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat,serta Faktor cuaca ekstrem.

“Untuk itu, lakukan berbagai langkah sinergis, responsif dan tepat sasaran dalam menyikapi potensi inflasi, serta selalu berpedoman pada Strategi 4K,
Keterjangkauan Harga,Ketersediaan Pasokan,Kelancaran Distribusi, dan
Komunikasi yang Efektif.” Jelasnya.

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) baik Provinsi dan Kabupaten/Kota diminta agar bersama Perangkat Daerah dan Instansi terkait terus melakukan upaya-upaya pemantauan berkala terhadap stok barang kebutuhan pokok.

” kita ketahui bahwa fenomena El Nino telah membawa dampak yang cukup signifikan di sektor pertanian yang mengakibatkan terganggunya musim tanam dan penurunan kualitas tanam sehingga pasokan berkurang.” Ucap Arinal saat memberikan sambutannya.

Untuk itu,Segera laksanakan kegiatan stabilisasi harga seperti Operasi Pasar, Gelar Pangan Murah, Sidak Pasar dan Kerjasama Perdagangan Antar Daerah, dan termasuk penyaluran bantuan sosial tepat waktu dan tepat sasaran.

BACA JUGA :  LOUCHING CINTA NADA TERBILANG SUKSES

“Dengan menyumbang inflasi seperti beras, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, gula dan telur ayam,SertaMemastikan ketersediaan dan stok energi (BBM, Elpiji, listrik),dan
Melakukan pengawasan keamanan produk pangan yang beredar, agar tidak ada yang kadaluarsa dan membahayakan kesehatan.Kata dia.

Di sisi lain,Arianal juga menegaskan untuk seluruh pemangku kepentingan agar selalu berkoordinasi dan bekerjasama dalam menjaga inflasi di Lampung menyampaikan hari natal 2023 dan tahun baru 2024.

“Saya tegaskan kembali agar kita semua terus laksanakan koordinasi dan sinergi dengan semua pemangku kepentingan untuk menjaga inflasi di Provinsi Lampung tetap rendah dan stabil dan mewujudkan perayaan Natal dan Tahun Baru yang aman dan tertib.”tegasnya.

Tambahnya, ia juga meminta untuk transfortasi angkutan darat,laut,dan udara dalam menghadapi NATARU serta libur sekolah pastikan instansi terkait harus mempersiapkan ketersediaan armadanya.

“Untuk itu saya minta instansi yang terkait harus pastikan ketersediaan armada angkutan darat, laut dan udara beserta keselamatannya, guna mengantisipasi kenaikan permintaan di akhir tahun.”Tutup Arinal(**/Oji)